Skip to main content

Cara Login & Scan QR Code Aplikasi PeduliLindungi

Cara Login & Scan QR Code Aplikasi PeduliLindungi
Cara Login & Scan QR Code Aplikasi PeduliLindungi

Cara Login & Scan QR Code Aplikasi PeduliLindungi. Masa Pandemi saat ini memang masih belum usai, namun saat ini terdapat sejumlah cara yang sudah mulai dilakukan agar kita bisa mulai bangkit dan hidup berdampingan bersama virus corona. Salah satu cara terpenting adalah dengan melakukan vaksin COVID-19. Apakah kamu sudah melakukan vaksin? Jangan ditunda-tunda ya!

Nah, semakin banyak orang-orang yang sudah melakukan vaksin serta seiring berkurangnya tingkat kasus positif COVID-19, pemerintah pun mulai kembali membuka beberapa restoran, pusat perbelanjaan, dan mal. Uji coba pembukaan mal ini dilakukan pada wilayah PPKM level 4.  Kapasitas pengunjung pun dibatasi dengan kapasitas maksimal hanya 25%. Anak berusia 12 tahun kebawah dan orang tua berusia lebih dari 70 tahun tidak diperbolehkan untuk masuk mal.

Agar kamu dapat masuk ke mal, ada beberapa syarat yang perlu kamu perhatikan diantaranya pengunjung harus sudah divaksin, menunjukan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi, serta yang terahir kamu bisa scan barcode yang ada di pintu masuk mal melalui aplikasi tersebut.

Untuk Kamu yang berencana akan berpergian ke mal, berikut ini terdapat rangkuman informasi yang bersumber dari ITKoding untuk memberitahu kamu bagaimana cara mendaftarkan diri ke aplikasi PeduliLindungi, serta cara scan barcode melalui aplikasi tersebut.

Cara Membuat Akun di Aplikasi PeduliLindungi

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi menggunakan smartphone kamu baik Android maupun iOS dan pastikan fitur GPS sudah diaktifkan
  2. Isi nama lengkap dan nomor HP kamu pada kolom yang tersedia
  3. Kamu akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
  4. Buka kembali aplikasi PeduliLindungi, kemudian masukkan kode OTP tersebut di kolom yang tersedia
  5. Setelah selesai membuat akun, kamu akan menjumpai halaman utama (beranda)

Cara Scan QR Code di Aplikasi PeduliLindungi Agar Bisa Masuk Mal

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi yang telah kamu download pada smartphone kamu
  2. Login menggunakan data pribadi yang diminta seperti email atau nomor telepon yang digunakan saat mendaftar vaksinasi (jika sudah, lewati langkah ini)
  3. Di halaman utama aplikasi PeduliLindungi, terdapat menu Scan QR Code di bagian atas peta. Setelah itu, tekan dan kemudian scan QR Code yang ada di pintu masuk mal. Lalu, klik Check-In.
  4. Setelah melakukan scan QR Code, akan keluar tiket check in yang menunjukkan warna tertentu. Warna hijau boleh masuk, warna kuning akan diverifikasi ulang, dan warna merah tidak akan diizinkan masuk. Tunjukkan hasil scan QR Code kamu kepada petugas penjaga mal.
  5. Saat keluar mal, jangan lupa untuk melakukan scan QR Code untuk check-out. Hal ini dilakukan agar kamu dapat masuk ke gedung lainnya.  

Daftar Warna Indikasi Hasil Scan QR Code

  1. Warna hijau: menunjukkan bahwa kamu telah di vaksin dua kali, tidak dalam status positif Covid-19, dan tidak melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19
  2. Warna kuning: menunjukkan bahwa kamu baru mendapatkan vaksinasi dosis yang pertama
  3. Warna merah: menunjukkan bahwa kamu belum pernah divaksin, sedang dalam kondisi positif Covid-19, atau telah melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19

Cara Download Sertifikat Vaksinasi Covid-19 di Aplikasi PeduliLindungi

  1. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi PeduliLindungi
  2. Login di aplikasi PeduliLindungi dengan nomor HP atau email kamu (jika sudah, lewati langkah ini)
  3. Pada halaman utama aplikasi, klik Akun di bagian kanan atas
  4. Pilih Sertifikat Vaksin
  5. Lalu, klik Nama kamu untuk memunculkan sertifikat vaksin
  6. Pilih sertifikat yang ingin kamu download
  7. Kemudian klik Unduh Sertifikat untuk menyimpan sertifikat vaksin Covid-19

Untuk bisa masuk ke mal atau fasilitas umum lain yang mengharuskan kamu untuk memperlihatkan sertifikat vaksin, pastikan data vaksinasi kamu sudah tercatat di dalam aplikasi PeduliLindungi ya. Jika belum jangan panik, kamu bisa menghubungi hotline Kementerian Kesehatan di 119 atau email sertifikat@pedulilindungi.id untuk dilakukan upload data.

Patut kamu ketahui, apabila sedang berada di dalam mal, restoran, atau tempat umum lainnya pengunjung juga tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kamu tetap wajib menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1,5 meter, dan rajin mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer. Ingat, virus corona masih ada di sekitar kita. So, jangan sampai kamu lalai dan melonggarkan protokol kesehatan ya.